Perbedaan JAD dan JAR

Sebelumnya saya pernah posting artikel tentang cara menjalankan file JAD atau JAR di komputer.Kali ini saya akan memberitahu apa perbedaan dari kedua file tersebut(JAD dan JAR)

JAR

JAR adalah singkatan dari JAVA ARCHIVE. File JAR sebenarnya adalah kumpulan file yang dibundel dan dikompres seperti halnya file ZIP. Kita bisa melihat file-file yang ada di dalam file JAR dengan menggunakan aplikasi ekstraktor, misalnya WinZip, atau dengan aplikasi JZipman bila menggunakan hp.

Isi file JAR adalah file-file kompilasi Java (*.class) dan file-file pendukung lainnya, seperti gambar, suara, dll.
Didalam folder META-INF terdapat sebuah MANIFEST yang mendeskripsikan nama MIDlet-MIDlet (aplikasi java) yang tersedia, termasuk versi dan nama vendornya.
Kita bisa membuka MANIFEST tersebut dengan editor teks seperti Notepad atau dengan menggunakan aplikasi MobiExplorer dan OperaMini Mod di hp.

JAD

JAD adalah singkatan dari Java Application Descriptor. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa JAD adalah file yang mendeskripsikan tentang aplikasi Java (MIDlet). Yaitu aplikasi Java yang ada didalam file JAD tersebut, karena file JAD sendiri sebetulnya hanya sebuah file teks biasa, yang bila dilihat isinya mirip sekali dengan MANIFEST yang ada didalam file JAR. Namun ada Informasi tambahan yang ada di file JAD, yaitu URL yang mengarahkan ke file JAR.

Kesimpulan:
JAR berisi aplikasi-aplikasi Java yang mungkin lebih dari 1 (satu). Segala hal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi Java, terletak dalam file JAR tersebut.

JAD sifatnya sebagai file tambahan untuk menjelaskan isi file JAR atau data tambahan yang dibutuhkan untuk mendownload dan menginstal file JAR.

Sumber:Di Sini

0 comments:

Powered by Blogger.
Header 468x60 Ads

Followers